Perkembangan Jaman, Antara Dulu dan Sekarang


Sebuah ilustrasi sederhana di atas menunjukkan sebuah perubahan yang signifikan antara perkembangan teknologi dan manusia. LOL

Sekitar tahun 80'an komputer pertama kali hadir ke muka umum. Saat itu ukurannya tentu masih sangat besar, dengan ukuran layar dan memori yang kecil. Namun seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi bergerak maju seolah tidak terkendalikan lagi. Inovasi smartphone, tablet, laptop, bahkan diantaranya yang masih tergolong baru, yaitu SmartWatch dan Google Glass (kacamata pintar). Tahun 2013 saja, seluruh barang teknologi memiliki bentuk dan ukuran yang 'super' kecil, jauh berbeda dengan pendahulunya.

Admin bahkan memandang secara sekilas perkembangan ponsel dari waktu ke waktu yang terus 'berevolusi' dengan sangat pesat. Begitu juga dengan 'komputer jinjing' atau laptop yang dari tahun ke tahun hadir dengan bentuknya yang semakin 'tipis' dan ringan, mudah di bawa kemana-mana.

Lantas, anda mungkin akan bertanya-tanya, apa hubungannya antara ilustrasi manusia yang berubah menjadi gemuk dengan perkembangan teknologi? Sepintas, ilustrasi tersebut hanya ingin menunjukkan perbandingan 'terbalik' antara teknologi yang semakin ringkas dengan manusia yang justru semakin bertambah berat badannya.

Tapi admin punya penjelasan tersendiri menyangkut hubungan antar kedua hal ini. Satu kata, yaitu "Instan". Instan di sini memiliki makna yang luas, namun admin akan lebih berbicara tentang 'instan' yang berhubungan dengan teknologi. Apakah itu? Ada beberapa hal utama, yaitu Informasi, jejaring sosial, dan hiburan. Kedengarannya seperti asal-asalan ya? XD

Meski begitu, ketiga hal ini tetap memiliki peran dalam mengubah pola kehidupan manusia. Bagi yang pernah menonton film animasi Wall-E, pasti mengerti apa yang admin maksud.

Keberadaan teknologi ponsel pintar, tablet, serta komputer telah meringkas banyak sekali hal yang sebelumnya 'manual' menjadi satu untuk dinikmati dengan sangat mudah secara instan. Kita bisa melakukan banyak aktifitas hanya dengan menggunakan satu atau dua gadget. Kita dapat menemukan dan membaca informasi maupun berita terbaru, berinteraksi dengan teman-teman, juga bermain video games dan menikmati musik. Semuanya bisa dilakukan dengan satu gadget pintar.

Nah, disinilah salah satu 'perubahan evolusi' (atau entah bagaimana cara menyebutnya) dimana orang menjadi lebih malas dari pada mereka yang berada di era sebelum teknologi 'merajalela'. Ketika orang menjadi lebih 'mudah' malas, mereka juga mulai malas untuk bergerak. Bukan berarti tidak bergerak sama sekali loh -_- Tapi, aktifitas mereka akan lebih sering terpaku pada gadget teknologi untuk melakukan banyak hal.


Bahkan, kebanyakan aktivitas seperti belajar dan bekerja, juga di lakukan menggunakan komputer. Nah, situasi inilah yang kemudian berubah menjadi sebuah kebiasaan, dan lama-lama menjadi hal yang wajar. Keberadaan televisi dengan berbagai macam hiburan, dan informasi yang disajikan, membuat orang betah untuk 'duduk diam' berlama-lama menikmati acara kesukaannya.

Pada situasi seperti ini, munculah keadaan dimana orang menjadi 'malas'. Mereka menganggap bahwa teknologi telah melengkapi dan mempermudah kehidupan mereka. Dan di saat orang menjadi malas, mereka akan berhenti untuk melakukan hal-hal yang menurutnya membosankan atau melelahkan seperti olahraga dan yang lainnya. Terkesan lucu ya? XD

Di sini, hal berbau 'instan' lainnya juga ikut memperburuk keadaan. Berdampingan dengan teknologi, makanan dan minuman juga ikut serta dalam merupah pola hidup manusia di era serba canggih ini. Sekarang kita bisa memperoleh makanan dan minuman yang enak dengan mudah dan cepat (asal ada uang). Yang paling populer dan banyak ditemui tentu saja, makanan cepat saji atau Junk Food (makanan sampah).

Sering mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat tentunya berdampak pada kesehatan. Salah satunya tentu saja, bentuk tubuh. Kembali pada film Wall-E, kita bisa melihat dimana teknologi pintar dari pesawat perjalanan luar angkasa yang bekerja untuk memberikan kepuasan dan kenyamanan pada seluruh penumpangnya setiap waktu tanpa henti. Penumpang bahkan tidak perlu turun dari kursi untuk menikmati banyak hal, karena semuanya bisa di perintah menggunakan robot-robot.

Sekarang, kombinasikan kedua hal 'instan' ini dan ditambah dengan malas berolahraga, maka anda akan mendapatkan bentuk tubuh yang jelas seperti ilustrasi di atas. LOL

Cerita yang admin tulis ini mungkin terdengar 'ngawur' dan agak 'membingungkan' XD Tapi intinya sederhana, Jangan Biarkan Pola Hidup Instan Menggantikan Pola Hidup Sehat. :)


-Simon Child Sr.

Simon Child Sr.

Pemilik dan pengelola Simon Child Blog. Saat ini sedang belajar di Institut Pengangguran Sementara Indonesia. Bercita-cita menjadi seorang Pengangguran Profesional. #LOL

Dapatkan Update Artikel Terbaru melalui Email!

2 komentar

Ada yang ingin disampaikan terkait dengan artikel ini?

 
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Redesigned by Simon Child Blog © 2012-2014
Posts RSSComments RSS
AboutContactPrivacy Policy