Atur Tingkat Sensitivitas Handling NFS Most Wanted 2

Para penikmat game pastinya tahu dengan game Need For Speed: Most Wanted. Tahun 2012 lalu EA bersama Criterion Games merilis game dengan nama yang sama, Need For Speed Most Wanted, dengan tambahan embel-embel, "a Criterion Game". :D Game ini merupakan remake atau reboot dari gamenya yang lama. Namun Most Wanted yang baru ini sama sekali berbeda dengan Most Wanted yang lama, jalan ceritanya juga tidak sama (kenyataannya, Most Wanted yang baru bahkan tidak memiliki jalan cerita sama sekali LOL). Tapi kita tidak akan membahas lebih lanjut mengenai perbedaan antara ke dua game tersebut. XD Admin akan sedikit berbagi pengalaman mengenai Most Wanted yang baru. :)


Need For Speed Most Wanted 2012, menghadirkan nuansa kota Fair Haven yang cukup memukau, memberikan grafis yang cukup memanjakan mata ketika beraksi di tengah kota sambil kucing-kucingan dengan polisi. :D Tapi, terlepas dari semua itu, Need For Speed Most Wanted 2012 masih menyisakan beberapa hal yang bisa di katakan "sedikit" mengecewakan. Salah satunya adalah kendali mobil di game ini. Banyak pihak yang menyebutkan bahwa Most Wanted yang baru memiliki handling/kendali setir yang buruk, dan admin menyetujui hal itu. Pertama kali memainkan game ini, admin tidak henti-hentinya menabrak apapun yang berada di sekitar mobil admin. Sedikit saja berbelok, dan mobil pun seperti melakukan "banting setir" mendadak hingga sangat sulit di kendalikan.

Dari situlah mulai muncul kekesalan. Tapi karena tidak ingin merasa rugi (punya game keren tapi tidak bisa dimainkan), admin mencoba mencari solusinya. Pencarian berakhir setelah admin menemukan 2 solusi yang cukup membantu. :)

1. Modifikasi file controls.NFS13Save
Solusi pertama, kita bisa memodifikasi konfigurasi file controls.NFS13Save yang terdapat pada folder berikut.

C:\Users\[NAMA_USER]\Documents\Criterion Games\Need For Speed(TM) Most Wanted\Save\0

File controls.NFS13Save ada pada folder "0". Double Klik atau klik kanan pada file, kemudian buka menggunakan Notepad. Cari teks berikut.

STEERLEFT=0,KEY_LEFT,0.00,2.00
STEERRIGHT=0,KEY_RIGHT,0.00,2.00


Kalau sudah ketemu, ganti 2,00 dengan 1,80 atau sesuai keinginan. Semakin kecil angkanya, semakin berkurang juga sensitivitas kemudinya.

2. Realistic Plugin
Kalau masih ada yang merasa kesulitan dengan trik sebelumnya, bisa coba trik yang ini. Realistic Plugin lebih mudah digunakan tanpa perlu mengutak-atik file game.



Download file *zip di atas, kemudian ekstra menuju folder instalan Need For Speed Most Wanted. Kemudian cukup menjalankan game seperti biasa. Saat mulai menjalankan game, akan muncul menu konfigurasi seperti di bawah ini.


Beri tanda centang pada "Enable Raw Input", kemudian atur pergeseran "Steering Linearity" sesuai keinginan untuk menentukan tingkat sensitivitas kemudi mobil. Semakin tinggi angkanya, maka semakin sulit mobil dikendalikan (ketika berbelok) begitu juga sebaliknya.

Sebagai tambahan, Realistic Plugin dari Toca Edit juga memberikan beberapa fix lainnya seperti modifikasi kamera kontrol/sudut pandang pengemudi (pemain) dan mematikan Crash-Cam yang sepertinya lumayan mengganggu konsentrasi pemain ketika sedang bermain. XD


Oke, itu saja yang bisa admin bagikan. Semoga info di atas bisa berguna dan bisa mengembalikan semangat gamer yang mungkin sempat dibuat kecewa dengan handling Most Wanted yang buruk, hehe. Selamat bermain! :D

Simon Child Sr.

Pemilik dan pengelola Simon Child Blog. Saat ini sedang belajar di Institut Pengangguran Sementara Indonesia. Bercita-cita menjadi seorang Pengangguran Profesional. #LOL

Dapatkan Update Artikel Terbaru melalui Email!

4 komentar

Ada yang ingin disampaikan terkait dengan artikel ini?

 
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Redesigned by Simon Child Blog © 2012-2014
Posts RSSComments RSS
AboutContactPrivacy Policy