Kemana Perginya Gadget Blogger Follower / Google Friend Connect?

gfc vs google plus, gadget pengikut, gadget google friend connect

Kehadiran Google+ telah berdampak pada penghapusan beberapa produk lama Google. Hal itu tidak terkecuali untuk gadget Blogger Follower atau gadget Google Friend Connect yang sepertinya mulai tergantikan oleh gadget Google+ Followers. Melihat kembali pada beberapa waktu sebelumnya, ketika Google akhirnya mematikan fitur gadget GFC untuk pengguna situs non-blogger, kini gadget Blogger Follower/GFC juga sepertinya mulai ikut menghilang.

Blogger yang telah lama memasang dan memakai gadget Blogger Follower mungkin tidak akan terlalu memperhatikan/menyadari bahwa gadget Blogger Follower tidak lagi ditemukan pada daftar gadget dasar/basic seperti biasanya. Sebaliknya, gadget tersebut justru digantikan oleh gadget baru, yaitu Google+ Followers.

Mungkin beberapa blogger akan sedikit dibuat bingung karena mengira bahwa gadget Blogger Follower telah sepenuhnya menghilang, tapi hal itu tidak benar karena gadget tersebut masih dapat di akses dan di pasang berdampingan dengan gadget Google+ Followers. Hanya saja, Google sepertinya sedang berusaha untuk "menyingkirkan" gadget Blogger Follower dan lebih "merekomendasikan" blogger untuk menggunakan Google+ Followers.

Bagaimana Cara Memasang Kembali Gadget Blogger Followers / Google Friend Connect?

Masuk seperti biasa pada bagian penambahan gadget, kemudian ikuti gambar di bawah ini:

letak gadget pengikut blogger, gadget blogger follower, gfc hidden, gfc tersembunyi

Gadget Pengikut dari Google Friend Connect ini telah dipindah menuju bagian "Gadget Lainnya"/More Gadget dari yang sebelumnya berada pada bagian gadget "Dasar-dasar"/Basics.

Saat ini kita masih dapat menggunakan gadget Google Friend Connect tanpa masalah yang berarti. Namun admin sendiri tidak merekomendasikan terutama untuk blogger yang masih baru, untuk tetap menggunakan gadget yang satu ini, mengingat bahwa produk Google Friend Connect sendiri sebenarnya telah dinonaktifkan oleh Google, namun beberapa fiturnya seperti gadget ini masih dapat digunakan. Selain itu, dengan keseriusan Google dalam mengembangkan Google+, tidak menutup kemungkinan bahwa GFC suatu hari nanti akan sepenuhnya tergantikan oleh Google+ Followers.

Simon Child Sr.

Pemilik dan pengelola Simon Child Blog. Saat ini sedang belajar di Institut Pengangguran Sementara Indonesia. Bercita-cita menjadi seorang Pengangguran Profesional. #LOL

Dapatkan Update Artikel Terbaru melalui Email!

0 komentar

Ada yang ingin disampaikan terkait dengan artikel ini?

 
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Redesigned by Simon Child Blog © 2012-2014
Posts RSSComments RSS
AboutContactPrivacy Policy