Visual Key berbeda dengan EMO

Artikel berikut ini adalah hasil re-repost karena merupakan hasil post dari admin di grup Facebook Japanesse for All yang kemudian di repost oleh Grup We Are J-Music Lover Indonesia dan akhirnya saya repost kembali di blog ini untuk ikut membagikan info kepada blogger lainnya. :)

Salah satu Visual Key favorit saya, the GazettE :D

Maaf sebelumnya jika menyalin artikel ini tanpa ijin, tidak ada maksud lain, hanya ingin sekedar membagikan informasi mengenai Visual Key juga kepada blogger yang mungkin belum tahu mengenai Visual Key / V-key. :)

Visual Kei suka disalah pahamkan oleh banyak orang terutama Orang2 Awam, baiklah salah 1 pengalaman saya, bahwa terkadang V.Kei itu disamakan dengan “EMO” padahal itu jelas sangat jaaauh..mereka memandang mirip Emo dari dandanan make up atau rambut,. Atau ada yang menganggap Visual Kei itu Banci atau para homosexual,..yaaahh karena mereka tak tahu lebih jauh apa itu Visual Kei..lagi istilah ini muncul kembali “jika tak kenal maka ta sayang”…

Kita kenalan dulu Visual kei itu apa…

Visual Kei (bijuaru kei), Visual Kei merupakan pergabungan dari kata Visual (bahasa Inggris), dan Kei (bahasa jepang) artinya “gaya”..

Di Jepang, penggemar band Visual Kei sebagian besar hampir selalu terdiri dari gadis remaja dan dipasarkan secara luas dalam bentuk merchandise anggota band itu sendiri. Di negara-negara lain, perbandingannya kecil secara kuantitas antara penganut Visual Kei kira-kira keseluruhan antara remaja putra dan putri.

Anggota band Visual Kei sering memakai make up yang mencolok, dengan gaya potongan rambut yang dramatis, yang mengingatkan pada “pita rambut” tahun 1980-an dan memakai kostum yang sangat rumit. Walaupun sebagian besar musisi adalah laki-laki. Anggota band sering bermake up dan memakai pakaian yang dapat dianggap sebagai feminin atau androgynous. Secara luas gerakan ini telah dimulai oleh X Japan pada tahun 1980-an, yang mengangkat tren dari pemanfaatan visual shock untuk memperoleh pengakuan dalam kancah musik independen.

Tentu jelas X Japan sangat berpengaruh besar dalam penyebarandan pengembangan Visual Kei, bukan hanya X Japan, Namun ada L’Arc-en-Ciel, Luna Sea, Glay, Dir en Grey, Plastic Tree, Kuroyume, Malice Mizer,Buck Tick, Penicillin,Rentrer en Soi, D'espairs Ray,Phantasmagoria dan lain lain..

Pengamat barat seringkali kebingungan dalam membedakan Visual Kei Band dengan Band Gothic karena kadang-kadang penampilannya yang mirip dalam bermake up dan berpakaian, tetapi sebagian gothic Jepang tidak bisa memasukkan visual Kei menjadi Gothic, dan disana ada persilangan budaya kecil antara Visual Kei Jepang dan Gothic Jepang diluar model gothic lolita, yang mana dipengaruhi oleh subbudaya gothic.

Sejarah Visual Kei:

Sejarah yang “melahirkan” adanya Visual Kei sebenarnya bermula saat Jepang mengalami perubahan besar-besaran usai Perang Dunia II. Saat itu ada suatu komunitas yang ‘terbuang’ dari masyarakat. Komunitas ini tidak hanya berbicara melalui mulut dan tulisan, tapi juga lewat penampilan. Komunitas yang mayoritas terdiri dari kaum adam itu tampil dengan mengenakan berbagai macam aksesoris dan berdandan maupun berperilaku layaknya perempuan. Lewat apa yang mereka pakai, mereka berbicara tentang segala hal. Mulai dari politik, segala under pressure, hingga masalah-masalah psikologis. Namun seiring dengan perubahan zaman, komunitas ini perlahan-lahan mengalami “mati suri” hal ini dikarenakan banyak orang Jepang yang lebih memilih bunuh diri untuk menyelesaikan masalah, daripada tenggelam dalam penderitaannya sendiri.

*dikutip dari wikipedia*

*Pandangan umum di Bandung dulu aja sendiri, respon visual kei di bandung cukup bagus, pada skitar awal 2007(setau saya) banyak J-Band Bandung yang mengcover band2 visual kei yang berasal dari jepang sana, cntohnya, Gazette, Alice Nine, Girugamesh, 12012, Dali, lynch, Deathgze dll…

Era Visual Kei sempat Berjaya, karena tiap event gak ada yang tampa band2 V.Kei yang berHeadbang ria, dan peminatnya juga sangatlah banyak hinga ada acara2 khusus Hedbangan yg bertema2kan Visual kei,namun hingga 2009 petengahan mendekati akhir, acara2 V.Kei atau band2 V.Kei yang manggung diacara Jepangan(campur cosplay dll) mngalami turun drastis seingat saya dtutup oleh acara khusus V.Kei yg bertajuk “Dark Shibuya” yang diadakan oleh salah 1 komunitas Visual Kei dibandung ini, namun Era V.Kei di bandung turun drastis karena factor tragedy berdarah yang menimbulkan banyak korban meniggal disuatu acra metal yang ternyata berefek pula pada Dunia perjepangan di Bandung, yang semakin sulit untuk mendapatkan perizinan terutama dalam musik2 yang beraliran keras (karena V.Kei dipandang oleh Orang Awam music Underground).karena identik dengan musik2 keras yg berdistorsi metal dan mengundang Headbang).. Padahal Headbang adalah salah 1 kegemaran anak2 Jepangan terutama di Bandung ini...haha LOL..XDD (T__T)

Nah sekarng sudah ada bayangan apa itu visual kei, sekarang Kita bahas dari beberapa pandangan Orang Awam tadi yang menggap Emo , Banci, Homosexual..

kalo Live perform band2 visual kei selalu tampil fenomenal, jelas iya, mereka berpenampilan seksi layaknya seorang perempuan dan dandan yang cantik namun mereka semua laki2, dengan adegan, berpelukan, pegang2 perut personil lain, atau bahkan saling bericuman antar member yang dikenal dengan sebutan “Fan Service”, dan tidaklah sedkit mereka menyukai fan service tersebut, namun kebanyakan penikmatnya adalah para Perempuan..

Baiklah sekilas itu seperti Banci atau HOMO dan menjijikan, namun itulah salah 1 cara mereka untuk “menarik perhatian” terutama band2 Visual Kei yang baru berkarir..dan kenyataanya banyaknya penggemar adalah kaum perempuan bukan dijepang saja bahkan seluruh dunia yang mengenal band2 V.Kei, salah 1 nya adalah Indonesia..

tapi apa mereka member band V.Kei Banci dan HOMO?? Justru ternyata Faktanya bahwa mereka semua rata2 NORMAL terhadap lawan jenis….Jmmm Okay…XD

lalu kenapa mereka seperti itu?? Yah mereka mencari fenomenal demi “menarik perhatian”.namun jika sudah terkenal,malah mereka menjauhkan diri lagi dari V.Kei, buat apa?? karena saya sudah terkenal dan punya banyak fans2 setia, bahkan jauh lebih maju lagi pula banyak juga dari mreka yang merasa sudah bosan juga berdandan Visual Kei, (karena ribet juga kali yah,harus dandan dan mempersiapkan kostum sgala macem yang penting udah terkenal..XDD), Contohnya L’Arc-en-Ciel dan Dir en Grey yang sekarang mereka sudah tak ada unsur Visual Kei nya…

namun X-JAPAN tetap Setia dari tahun 1980 awal mereka berkarir hingga 2012 sekarang tetap berpenampilan Visual Kei, walupun umur mereka memang sudah terlihat “Tua” . Namun itu lah yang saya kagumi dari X-JAPAN sebagai band pelopor pertama Visual Kei yang masih ber komitmen dengan Visual Kei nya..XDDD

Visual Kei itu memang sulit di definisikan untuk banyak orang terutama Orang Awam, antara Style atau Genre sebuah musik. Karena masing2 Orang mengartikannya berbeda2..tapi menurutku c Visual Kei itu cenderung lebih ke Genre , karena cabang dari Visual Kei itu sangat banyak, dan setiap berbeda genre, style visual kei nya pun berbeda,..contohnya banyak..ada yang namanya Kote Kei, Nagoya Kei, Eruguro Kei, Oshare Kei, dll..

Kote Kei dari segi Looking pakaian terlihat lebih “ramai” dari rambut hingga sepatu yang dikenakan, cenderung memakai warna2 lebih gelap atau bahan2 mengkilap, terkadang menyeramkan, namun unsur seksinya pun masih ada dari paha,perut,atau dada yang terbuka, dgn aksesoris yang sangat ramai, dan memiliki khas kesamaannya (liat bagian pundak atau kerah2 yang tinggi atau kerah2 bulu2,dll), dalam segi musik bernuansa jauh lebih kelam, psikopat, nuansa darknya pun sangat dapet..contoh Band UnsraW (biar lebih jelas dengan yang saya maksud..XD).

Under Code Production (UCP) contoh suatu label yang bergerak khusus pada Kote Kei. Kisaki adalah pemilik UCP tersebut, *NB : Kisaki dulu adalah mantan basisst La:Sadies (sekarang Dir en Grey).

Bisa diliat disana ada band2 seperti Phantasmagoria,Megaromania,LIN,Kisaki Project,Pierrot,NEGA,dan 12012 pun dulu berasal dari UCP (mungkin biasa dilihat ketika 12012 masih bergabung dengan UCP dari segi penampilan masih Kote Kei).dSb

Nagoya Kei, sudah ada sejak awal 90an, yang mengenalkan atau melopori genre ini, band “Kuroyume” yang hingga saat ini masih aktif. Nagoya Kei dari segi Looking terlihat lebih simple , dominan dari Nagoya Kei warna Hitam-Putih , misalnya menggunakn Jas Hitam/Putih, Kemeja Hitam/Putih, Dasi Hitam/Putih Celana hitam/putih, sepatu hitam/putih, warna rambut tidak penuh warna,paling berwarna pirang,namun dominan warna rambut hitam atau cokelat tua, make up minimalis, tidak terlalu “menor’, nah dsinilah , terkadang Orang2 Awam mengira mereka itu “EMO” . Namun sekali lagi ditekankan BUKAN !! . Dari segi musik cenderung lebih simple dan easy listening (untuk musik2 yg menyanyi),namun untuk yang scream lebih cenderung berunsur music barat, cenderung pada Metal core. Contoh beberapa Band yang saya tahu, diantaranya : DEATHGAZE, lynch. , Yaminade, EAT YOU LIVE, AWOI, Black:list,The Studs dll..

EruGuro Kei, disebut juga suatu seni artistik juga merupakan kebudayaan di jepang,EruGuro sendiri merupakan kepanjangan dari Erotic Grostesque . EruGuro disni berarti aliran musik bukanlah Ero-guro yang berarti Pornography. Dari segi Looking, kostum nya tidak ribet atau susah karena mereka sering mengenakan pakaian yang casual seperti, jas, t-shirt, jeans,.dll . Namun dari segi make up menyerupai dandanan Gothic dengan riasan di bagian mata yang banyak tebal serta pengunaan lipstick hitam yang banyak di bibir yang terkadang secara asal-asalan, sembarangan dan terkesan asal corang coreng saja, salah satu contohnya adalah band MUCC yg paling dominan mudah untuk Kita lihat sebagai acuan contoh dari Eruguro Kei, selain MUCC, ada juga, KAGEROU, Guruguru Eigakan, Merry, Inugami circus dan lain2. Unsur musik Eruguro Kei cenderung lebih nyeleneh,selengean,seenaknya mereka,dari segi lirik hingga musiknya yg sulit untuk di deskripsikan..(sbagian besar dari majalah KOMA)

Oshare Kei, yang memiliki arti yaitu to dress stylishly atau berdandan dengan penuh gaya, mereka berpenampilan Cute Boyish atau Girlish dengan menggunakn pakain yang colorful seperti kemjea,t-shirt,jaket,sweater,jeans dll yang dilengkapi juga dengan berbagai macam aksesoris seperti pin,badge,stocking,topi,wristband,kalung2,dll dengan make up yang lebih terlihat Cute.

Oshare Kei adalah adaptasi dari musik Punk yg terdengar jelas dari ketukan2 drumnya, namun sdikit dbawa ke Pop Punk,easy listening,assiik dan lebih dibawa ke nuansa Happy, Cute, dan Sweety. Sangat jauh dari Punk nya itu sendiri.contoh band diantaranya: An café, SuG , Ayabie, Megammaso,Alibi,Aicle dll...

Dan masih ada Versailles yang bernuansa aristocrat dgn musik speed metal,atau Psyho le Cemu bernuansa Fairytail(cerita rakyat atau dongeng) atau Kagrra dan Kiryuu yang berndandan visual kei etnic,yang menggabungkan yukata menjadi suatu visual kei,dan musiknya yg menggabungkan dengan nuansa etnik kebudayaan jepang dengan alat2 tradisional jepang, atau juga band V[Neu] yang bernuansa Cyber Kei (mirip dengan Oshare),Onmyouza dengan Angura Kei,dan masih banyaak lagi cabang2 dari visual kei.

banyak pula label2 Record yang menaungi band2 Visual Kei dengan ciri khas mereka masing2 namun tetap pada induk yang sama yang bernama Visual Kei seperti Double River Record, Loop Ash Record, Face Music, Under Code Production,PS Company,dll

dari kejelasan diatas sudah jelas kan bahwa visual kei itu adalah Style dan genre yang berhubungan dari indie hingga mayor, bukan sekedar style biasa,.

Namun band2 Mayor Visual Kei cenderung lebih ke musik yang lebih easy listening no scream (ada juga minimalis) dan adaptasi2 dari genre J-Rock,dan bisa Kita sebut menjadi Visual Rock, Seperti halnya Nightmare, Alice Nine, 12012,ViViD,D’espairs ray dll..

Namun Faktanya tidak sedikit Orang di dunia ini pun yang menyukai atau mengenal Visual Kei, bahkan mereka sampai meng Cosplay kan Band2 Visual Kei yang mereka suka, biasa kita sebut kategori tersebut adalah J-Idol , yang dimana J-Idol sendiri ber cosplay menjadi Japan Idol (artis2 Jepang), ntah mereka cosplay menjadi Personil Gazette, Dir en Grey, X-Japan, Malice Mizer, MUCC, Moix Dis Mois dan lain2…

*tambahan, setelah observarsi nanya kebanyak orang, definisi tentang Visual Kei, banyak perbedaan pendapat, ada yg biilang Style doank, ada yg bilag genre musik, ada yg bilang style dan genre yg berhubungan...simpan dan kuatkanlah definisi kalian masing2..tentang pendapat ini,dan jangan PAKSAKAN PEMAHAMAN Orang lain supaaya 1 PAHAM dengan ANDA...tapi gunakanlah definisi ANDA mengenai Visual Kei, untuk meyakinkan Orang lain dengan Argumen Anda,jelaskanlah mengapa Anda memilih genre,jelaskanlah kenapa anda memilih sytle aja, jelaskanlah, style dan genre yg berhubungan...

NB : mungkin itu sedikitnya tentang visual kei dari saya, mohon maaf kalo ada salah persepsi,atau salah info, namun itu semua berdasarkan dari pemahaman dan pengalaman saya sendiri jika ada salah2 sekali lagi saya mohon map,hontou ni gomenasai, saya Cuma ingin berbagi saja,,sekian dari saya Sankyuu sudah membaca..XDD

Simon Child Sr.

Pemilik dan pengelola Simon Child Blog. Saat ini sedang belajar di Institut Pengangguran Sementara Indonesia. Bercita-cita menjadi seorang Pengangguran Profesional. #LOL

Dapatkan Update Artikel Terbaru melalui Email!

0 komentar

Ada yang ingin disampaikan terkait dengan artikel ini?

 
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Redesigned by Simon Child Blog © 2012-2014
Posts RSSComments RSS
AboutContactPrivacy Policy