Alasan Mengapa Saya Tidak Suka Dengan Blog Anda

blog jelek, blog menjengkelkan, blog membosankan, blog bodoh, blog tidak menarik

Saya sering menjelajahi dunia maya dan menemukan banyak blog dengan artikel/postingan yang sangat menarik untuk di baca dan tentunya berkualitas. Saya sangat menghargai dan mengagumi setiap karya dan artikel yang anda publish di internet.Tapi terkadang saya menemukan blog yang justru agak menjengkelkan. Blog yang menurut saya sama sekali tidak menarik, dan sama sekali tidak perlu untuk di buka. Berikut beberapa alasan utamanya.

1. Plagiat di mana-mana

Sebenarnya plagiat bukan masalah yang paling utama atau yang paling mengganggu menurut saya, selama artikel yang di copy/paste tersebut diberikan credit/link menuju sumber asli dari mana artikel itu disalin. Tapi sayangnya saya tidak selalu menemukan bahwa 'copaser' tersebut memberikan credit untuk artikel yang disalinnya. Yang ada justru sebaliknya. Disalin utuh-utuh dan dipublih ulang, menganggap bahwa itu adalah artikel buatannya. Bahkan saya pernah menemukan blog yang copy/paste salah satu artikel dari blog ini tanpa memberikan sumber aslinya. -_-

2. Popup yang menghalangi isi artikel

Ini juga cukup mengganggu, apalagi jika popup ini mewajibkan untuk melakukan klik tertentu (seperti iklan, fanpage, atau apalah) sebelum dapat melihat artikel yang ingin dibaca. Hal ini jadi semakin menjengkelkan ketika popup ini selalu muncul kembali saat kita membuka sebuah artikel baru yang ingin dibaca.

3. Template blog yang membosankan

Mungkin bukan masalah jika blog yang anda buat memang untuk bisnis tertentu yang lebih mengutamakan optimisasi template dari pada tampilan dan juga isi blog.Tapi masalahnya saya sering menemukan beragam blog yang memiliki artikel menarik, tapi template'nya cenderung membosankan karena terlalu sederhana, dan template ini juga dipakai oleh banyak blogger yang sangat mementingkan optimisasi (blognya sesederhana mungkin). Ada kalanya pembaca akan bosan melihat template yang sama terus menerus (terutama untuk template yang menurut saya hanya kontras pada satu warna) apalagi jika tidak ada modifikasi/kreasi tertentu untuk template yang dipakai.

4. Template blog yang sangat berat

Jika postingan/artikel yang anda buat dirasa perlu/penting untuk dibaca banyak orang, saya rasa anda juga perlu mepertimbangkan hal ini. Saya tidak mengatakan bahwa semua blogger harus membuat blog yang seringan mungkin seperti template membosankan yang saya jabarkan sebelumnya. Tapi setidaknya cukup gunakan/pasang widget dengan bijak, sehingga tidak perlu adanya hal tidak penting yang memperlama loading blog, karena tidak semua orang memiliki kecepatan internet yang mumpuni. Terkecuali untuk blog pribadi yang anda tidak utamakan untuk dibaca oleh banyak orang, ya mungkin seperti diary, anda bebas berkreasi dan memasangkan apa saja pada blog anda. :)

5. Terlalu banyak iklan (ads)

Salah satu tujuan orang membuat blog tentunya ingin mendapatkan penghasilan dari blog yang dikelolanya. Tapi saya sering menemukan blogger (terutama dari Indonesia) yang memasang begitu banyak iklan dalam satu blog. Belum lagi jika behubungan dengan popup yang sudah saya sebutkan diatas. Jika saya sebagai pembaca, saya yang tadinya tertarik untuk membaca artikel yang anda buat, akan langsung keluar dan tidak akan kembali mengunjungi blog anda.

6. Banyak kesalahan pengetikan/translate

Blogger yang aktif pasti sering mengetik artikel. Tapi kadang kita tidak pernah memeriksa kembali ejaan/pengetikan pada artikel yang akan di publish. Tidak terlalu bermasalah jika kesalahan tersebut hanya sedikit. Tapi kalau banyak, itu lain cerita.

Beberapa kali saya menemukan artikel blog Indonesia yang ternyata adalah hasil translate di Google. Karena hanya hasil translate, kalimat yang ada pada artikelnya jadi tidak dapat dimengerti sama sekali akibat terjemahan kosakata yang tidak rapi. Jika anda memilih untuk mencari jalan pintas copy/paste artikel luar negeri dan kemudian mempublishnya kembali ke dalam bahasa Indonesia menggunakan Google Translate, tolong diperiksa lagi hasil translatenya, karena translate Google belum tentu dapat memberikan hasil yang 100% benar.

7. Konten blog yang tidak nyambung

Sesekali saya melakukan blogwalking dan menemukan hal seperti ini. Hal ini kebanyakan berasal dari blogger yang sangat menginginkan blognya dikunjungi banyak pembaca. Artikel yang ditulisnya terkadang selalu tidak sesuai dengan judul/keterangan blognya. Contoh yang pernah saya temui adalah artikel tentang 'togel' dari blog yang judulnya tentang ilmu pengetahuan blablabla. Ini maksudnya apa?

Ini negara bebas, dan ini juga internet. Jadi saya bebas memberikan pendapat sesuai dengan apa yang saya pikirkan. Tapi saya tidak mengatakan bahwa blog yang yang saya miliki ini sudah sempurna atau yang paling bagus, saya juga tidak menyebutkan bahwa blog saya sudah terbebas dari apa yang saya sebutkan diatas. Semua orang bebas berkreasi terhadap blognya sesuai dengan yang menurutnya itu yang terbaik. Saya juga dengan senang hati ingin mendengarkan pendapat anda tentang blog saya ini. :)

-Simon Child

Simon Child Sr.

Pemilik dan pengelola Simon Child Blog. Saat ini sedang belajar di Institut Pengangguran Sementara Indonesia. Bercita-cita menjadi seorang Pengangguran Profesional. #LOL

Dapatkan Update Artikel Terbaru melalui Email!

2 komentar

  1. klo saya paling kesal udah ada musiknya,loading berat,aklan dimanamana,sekali klik ketikannya keluar iklan di jendela baru.koata gw bis bisa langsung abis tuh
    blog walking ya

    BalasHapus
  2. sama, gan, adminjuga kurang suka dengan yg ada musiknya xD apalagi yg autoplay -__-" ngabisin kuota aja

    BalasHapus

Ada yang ingin disampaikan terkait dengan artikel ini?

 
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Redesigned by Simon Child Blog © 2012-2014
Posts RSSComments RSS
AboutContactPrivacy Policy