2013, Facebook Akan Berganti Tampilan Lagi?

Baru saja menjelajah sesaat di internet dan menemukan sebuah artikel menarik dari blog teman, mengenai informasi bahwa Facebook akan kembali melakukan perombakan "besar-besaran" terhadap desain webnya. Rasanya seperti dejavu. Admin jadi mengingat kembali saat pertama kali Facebook menghadirkan desain timeline dengan menghadirkan foto sampul sebagai fitur andalannya.

Pertama kali desain timeline diluncurkan, admin cukup terkesan dengan perubahan yang diberikan. Bahkan saat itu juga admin memutuskan untuk bermigrasi menuju desain yang baru. xD Waktu berjalan dan teman-teman sekitar pun mulai ikut menggunakan timeline ini. Banyak yang puas, tapi tidak sedikit juga yang merasa kecewa, karena menurut mereka profil timeline yang diberikan terlalu merepotkan dan mereka masih lebih menyukai desain Facebook yang lama.

Tapi ya itu tadi, seiring berjalannya waktu dan Facebook secara resmi menghapus desain profil yang lama dan menggantinya dengan timeline, pengguna Facebooklah yang akhirnya harus beradaptasi dengan desain timeline tersebut. di tengah perubahan itu pula banyak pengguna Facebook yang akhirnya dengan kecewa mengetahui kalau ternyata semua kiriman status, link dan semacamnya yang dulunya pernah dibagikan, tidak pernah terhapus dengan sendirinya, melainkan tersimpan dengan rapi di database Facebook. Kemudian banyak pengguna Facebook yang kecewa dengan timeline, memilih menonaktifkan akun Facebooknya dan bermigrasi ke jejaring sosial lain. xD

Nah, itu masa dimana timeline pertama kali menampakkan diri dan mencoba berbaur dengan jutaan penggunanya. Bagaimana dengan sekarang? Facebook kembali mencoba peruntungan dengan memberikan suasana yang benar-benar baru pada desain web nya.

tampilan facebook 2013, facebook ganti desain

Gambar di atas menampilkan kalimat yang cukup menggelikan, "Selamat Tinggal Keruwetan". Facebook dengan sendirinya mengakui bahwa desain yang lama memang 'ruwet'. Haha :D :p

Oke, sekarang kita membahas desain yang baru. Facebook sepertinya ingin menyatukan/menyamakan semua tampilan situsnya. Entah itu desktop maupun mobile. Admin sebut seperti itu, karena jelas desain untuk versi desktop mengikuti desain dari Facebook Mobile. Beberapa dari kalian pasti sudah pernah menggunakan Facebook dengan tampilan mobile ini melalui smartphone dan tablet PC.

facebook tampilan dinamis,  new facebook look

Untuk tampilan desktop, menu notifikasi (pemberitahuan, pesan, permintaan pertemanan) berpindah tempat ke sebelah kanan atas. Sisa menu selengkapnya diletakkan berbris dengan rapi di bagian sebelah kiri dalam bentuk ikon-ikon tertentu yang mewakili masing-masing pilihan menunya.

brand new facebook look, facebook new look 2013

Semarak Penuh Warna? Di mana letak "penuh warna"nya? Yang admin lihat disini hanya latar abu-abu, terkombinasikan dengan kabar berita yang menonjolkan thumbnail gambar yang semuanya terlihat sedikit lebih besar. Tidak hanya itu, melihat tampilan baru Facebook di atas justru membuat admin merasa sedang menggunakan aplikasi Metro Windows 8.

desain web fb baru, selamat tinggal ruwet

Bicara tentang Metro, desain kabar berita di atas adalah contohnya. Seluruh kabar berita di perlihatkan dengan thumbnail foto? dimana teks status atau kiriman yang biasanya membanjiri kabar berita dan tinggal kita baca? Tampilan seperti ini rasanya "terlalu metro" untuk jejaring sosial sekelas Facebook yang seharusnya bisa lebih "eksklusif", lebih keren, dan tentunya bisa tampil berbeda dari jejaring sosial yang lain. Karena jika dilihat secara sekilas, admin bahkan bisa menyangka ini adalah desain web milik jejaring sosial Google+.

coba tampilan baru fb, masuk daftar tunggu fb

Belum ada tanggal pasti kapan desain baru ini resmi dirilis, tapi jika kamu justru tertarik dan ingin mencobanya, kamu bisa "Masuk Daftar Tunggu" Facebook untuk mengaktifkan desain yang baru ini untuk akun kamu. :)

Kunjungi Facebook Newsfeed

Kesimpulan
Apapun yang dilakukan Facebook dengan mengubah desain jejaring sosialnya, admin harap Facebook tidak melakukan kesalahan jika ternyata tampilan yang baru justru lebih merepotkan dari timeline sekarang. Karena melihat dari pengalaman sebelumnya saat Facebook memperkenalkan timeline, butuh waktu yang tidak sebentar untuk membuat pengguna akhirnya terbiasa dengan timeline (meskipun terpaksa). Jika akhirnya jadi diresmikan, entah tahun ini (2013) atau tahun depan, semoga tampilan baru ini tidak mengecewakan banyak pengguna setianya. :)

Simon Child Sr.

Pemilik dan pengelola Simon Child Blog. Saat ini sedang belajar di Institut Pengangguran Sementara Indonesia. Bercita-cita menjadi seorang Pengangguran Profesional. #LOL

Dapatkan Update Artikel Terbaru melalui Email!

0 komentar

Ada yang ingin disampaikan terkait dengan artikel ini?

 
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Redesigned by Simon Child Blog © 2012-2014
Posts RSSComments RSS
AboutContactPrivacy Policy