Emulator Android untuk Desktop PC

Admin akan kembali membahas menyangkut emulator. Emulator kali ini adalah emulator Android untuk Windows PC / Mac OS. Ada banyak emulator Android yang beredar, namun untuk artikel ini admin akan mereview 2 emulator yang paling populer dan menurut admin paling cocok untuk digunakan. :)

- BlueStacks App Player

android apps emulator, android app player, emulator android windows

Pertama, ada BlueStacks App Player. Disebut sebagai App Player, karena BlueStacks sedikit berbeda jika akan dikatakan sebagai emulator Android. Pada BlueStacks, kita tidak akan melihat tampilan homescreen yang menyerupai Android, tidak ada bagian dimana kita dapat memasang gambar desktop maupun live wallpaper, juga tidak ada yang namanya tampilan Lock screen dan sejenisnya. User interface dari BlueStacks terfokus pada daftar aplikasi Android dan menu untuk pencarian software game, dimana kita dapat mencari dan menginstal aplikasi Android melalui GooglePlay Store, dan beberapa sumber lainnya yang tersedia.

Sama seperti saat menggunakan smartphone Android, kita juga perlu melakukan login akun Google pada BlueStacks sebelum dapat mengakses aplikasi yang ada di GooglePlay Store. Hal ini digunakan untuk melakukan sinkronasi antar device dari "virtual Android" BlueStacks dengan device Android lainnya yang kamu miliki (jika ada).

bluestacks android emulator, emulator android gratis, emulator android pc

Salah satu fitur dari BlueStacks yang cukup menarik adalah, seluruh file Android dengan ekstensi *APK yang kita simpan di komputer, otomatis terintegrasi dengan BlueStacks dan dapat dengan mudah diinstal dengan sekali klik.Hal seperti ini tentu sangat membantu sehingga kita tidak perlu mengunduh ulang aplikasi yang diperlukan melalui GooglePlay Store :)

Berikut kira-kira Minimum Requirement System yang dibutuhkan untuk menjalankan emulator ini.

- Prosesor : Intel Core 2 Duo
- Ram : 2 Gb
- VGA : 512 MB
- Hard Disk space 2 GB

BlueStacks tesedia secara gratis untuk Windows dan Mac OSX. Download melalui link di bawah ini.
(koneksi internet mungkin diperlukan saat penginstalan berlangsung)



- Genymotion

Nama emulator yang satu ini mungkin masih terdengar kurang familiar bagi "beberapa" orang (karena sebagian lainnya pasti sudah tahu dengan emulator ini xD) Genymotion merupakan emulator Android yang sebelumnya bernama AndroVM

Selain fitur Androidnya yang lengkap seperti pada smartphone, pada Genymotion kita dapat memilih untuk menginstal versi tertentu dari Android yang kita inginkan melalui genymotion Cloud. Ada Android Galaxy S4, Nexus 7, Nexus One, dan masih ada lagi pilihan lainnya dengan ukuran resolusi layar yang berbeda.


Pilih tipe Android virtual device yang anda inginkan. Kita dapat menginstal beberapa emulator yang berbeda. Jadi jangan khawatir jika nantinya emulator yang telah dipilih ternyata kurang cocok, hehe. :D


Oh iya, sebagai tambahan, anda perlu melakukan registrasi akun (gratis) untuk mengunduh Genymotion, dan anda setidaknya perlu menginstal aplikasi Oracle VirtualBox juga.

Download Oracle VirtualBox

Kunjungi dan Download Genymotion

Kesimpulan:
Jika anda lebih tertarik untuk sekedar menginstal aplikasi dan game Android di komputer, BlueStacks App Player adalah emulator yang cocok untuk dipertimbangkan. Tapi jika anda lebih tertuju pada aktifitas layaknya seorang developer yang perlu melakukan serangkaian uji coba pada Android secara virtual, Genymotion adalah pilihan yang tepat.

Simon Child Sr.

Pemilik dan pengelola Simon Child Blog. Saat ini sedang belajar di Institut Pengangguran Sementara Indonesia. Bercita-cita menjadi seorang Pengangguran Profesional. #LOL

Dapatkan Update Artikel Terbaru melalui Email!

0 komentar

Ada yang ingin disampaikan terkait dengan artikel ini?

 
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Redesigned by Simon Child Blog © 2012-2014
Posts RSSComments RSS
AboutContactPrivacy Policy