Ucapkan Selamat Tinggal Untuk Windows XP

windows xp, xp logo, xp icon, akhir windows xp, end for winxp

12 tahun berlalu sejak Windows XP pertama kali dirilis pada tahun 2001 silam. Dalam rentang 12 tahun itu pula, Microsoft telah melahirkan tiga OS penerus Windows XP, yaitu Vista, 7, dan 8. Tapi entah kenapa pesona XP sepertinya tidak pernah luntur, membuat banyak pengguna komputer ini memilih tetap tinggal dan bertahan dengan Windows XP. Bagi anda yang ketika membaca artikel ini masih menggunakan Windows XP untuk aktifitas komputernya sehari-hari, mungkin sudah saatnya untuk mengucapkan sampai jumpa untuk XP.

Selamat Tinggal ?
Ya, selamat tinggal. Microsoft secara resmi telah menginformasikan bahwa support/dukungan untuk Windows XP akan segera diakhiri pada 8 April 2014. Itu berarti, kurang dari setahun lagi. Support/dukungan disini tentunya merupakan kumpulan update, seperti driver, fitur, security/keamanan dan beragam hal penting lainnya.

Apa Yang Terjadi Setelah Dukungan Windows XP Berakhir ?
Windows XP anda tidak akan aman lagi. Anda juga tidak dapat lagi menginstal hardware baru, karena drivernya tidak tersedia lagi. Software-software baru tidak dapat berjalan lagi di Windows XP dan yang terakhir, seluruh perusahaan hardware dan software juga akan menghentikan produksi produknya yang berjalan pada Windows XP.

Bagaimana Jika Saya Tetap Bertahan dengan Windows XP ?
Itu terserah pilihan anda. Tapi setelah support dihentikan pada 2014, Windows XP akan jadi sangat rentan terhadap serangan hacker, malware, dan beragam hal yang berbahaya. Bayangkan nantinya browser misalnya Firefox yang tidak dapat diupdate lagi untuk Windows XP. Hacker dapat memanfaatkan celah keamanan seperti ini untuk mencuri berbagai data pribadi dari komputer anda yang masih tetap menggunakan Windows XP. Bahkan meskipun anda tidak menggunakan Windows XP untuk koneksi internet, kunjungan virus masih bisa terjadi melalui koneksi flashdisk, memorycard, dan lain-lain.

Kenapa Microsoft Melakukan Ini ?
Jawaban paling mudah, tentu saja menyangkut bisnis. Microsoft menginginkan agar anda membeli sistem operasi terbaru mereka ketimbang terus-menerus memberikan update untuk Windows XP anda.

Jadi Saya Perlu Upgrade Sistem Operasi ?
Tentu saja. Bahkan pihak Microsoft sendiri menyarankan untuk langsung melakukan upgrade ke Windows 8.

Namun admin tidak menyarankan anda, pengguna Windows XP untuk melakukan upgrade menuju Windows 8. Karena admin sendiri memilih bertahan di Windows 7. Jika anda sebelumnya pengguna setia Windows XP memilih upgrade ke Windows 8, ada kemugkinan anda akan kesulitan dengan user interface/tampilan dan desain yang benar-benar baru yang diberikan Microsoft untuk Windows 8.

Memang agak rumit bagi Microsoft untuk membujuk pengguna Windows beralih dari Windows 'legendaris' XP menuju Windows yang lebih baru seperti Windows 7 maupun 8. Mengingat XP merupakan OS yang sangat populer di berbagai kalangan karena pengaturan dan kebutuhan sistemnya yang tidak repotkan dan juga ringan.
Satu-satunya cara tentu dengan mematikan support Windows XP, meski terlihat agak memaksa penggunanya. Namun, admin rasa memang tidak ada salahnya untuk beralih menuju sistem operasi yang lebih baru. Lagi pula 12 tahun untuk Windows XP rasanya sudah terlalu tua jika masih harus terus beroperasi, hehe ;)

Kesimpulan
Memilih upgrade atau tidak, itu kembali pada pilihan pribadi anda. Jika anda memilih bertahan, anda perlu menjauhi koneksi internet, koneksi USB, dan apapun itu yang dapat menyebabkan Windows XP anda terserang malware. Sedangkan anda yang memilih upgrade, pilihlah OS Windows yang menurut anda bisa sesuai dan tidak mengganggu aktifitas sehari-hari anda. Admin pribadi lebih menyarankan Windows 7 ketimbang Windows 8. :) :p

Simon Child Sr.

Pemilik dan pengelola Simon Child Blog. Saat ini sedang belajar di Institut Pengangguran Sementara Indonesia. Bercita-cita menjadi seorang Pengangguran Profesional. #LOL

Dapatkan Update Artikel Terbaru melalui Email!

0 komentar

Ada yang ingin disampaikan terkait dengan artikel ini?

 
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Redesigned by Simon Child Blog © 2012-2014
Posts RSSComments RSS
AboutContactPrivacy Policy