Cek Keamanan Shorten Link Dengan URL Uncover

Kamu tahu shorten link? Mungkin ada yang belum tahu. :) :p Itu loh, alamat URL yang biasanya digunakan untuk mempersingkat suatu alamat link/URL asli yang panjang. Sebut saja situs-situs penyedia fitur shorten link seperti Bit.ly, Goo.gl, Ow.ly, bahkan Twitter juga punya, t.co. Keberadaan shorten link ini sangat membantu, karena selain bisa menyingkat sebuah URL asli yang awalnya panjang menjadi sangat pendek dan mudah diingat, shorten link juga menyembunyikan link asli sehingga kita tidak akan mengetahui isi asli dari shorten link tersebut.

Nah, dari situ masalahnya dimulai. Karena tersembunyinya link asli, kita jadi tidak dapat mengetahui kemana shorten link terserbut akan membawa kita. Bisa saja URL yang dituju justru berbeda dengan informasi yang kita terima, atau bisa saja shorten link tersebut mengarah pada program berbahaya dan semacamnya.

perika shorten url, cek short url
URL Uncover hadir untuk membantu. :D Kalau kamu mendapat kiriman atau apapun itu yang berisikan shorten link yang mungkin menurut kamu itu mencurigakan, serahkan pada web service yang satu ini. Kamu hanya perlu copy-paste shorten link tersebut, kemudian klik Uncover seperti pada gambar di atas.

URL Uncover akan segera menganalisa shorten link yang diberikan menggunakan McAfee SiteAdvisor untuk mengecek apakah domain tersebut aman atau tidak. URL Uncover juga menampilkan judul/title, deskripsi, keyword, trust level, dan screenshot dari URL yang dituju.

URL Uncover Pro Preview

Ada dua versi dari web service ini. URL Uncover, dan URL Uncover Pro. Admin kurang tahu apa perbedaan kedua versi ini, karena setelah mencoba keduanya (termasuk Pro) admin tidak melihat ada perbedaan sama sekali. Nama Pro yang disematkan untuk URL Uncover Pro juga tidak terlalu membedakannya dengan versi yang biasa, karena setelah admin coba, versi Pro juga dapat digunakan secara gratis tanpa registrasi.

url uncover test, periksa keamanan url
URL Uncover 'Free' Preview

Justru kalau dilihat, versi 'free' malah lebih lengkap. Dari hasil tes, versi Pro gagal menampilkan Judul, deskripsi, dan keyword. Sebaliknya, pada versi 'free' gagal untuk menampilkan screenshot.(entah kenapa)

Secara keseluruhan, URL Uncover tetap berhasil membantu untuk menganalisa dan mengetahui isi dari shorten link untuk kamu yang penasaran dengan isi shorten link tersebut tanpa perlu mengalami kecurigaan yang berlebih. *eh :D


Simon Child Sr.

Pemilik dan pengelola Simon Child Blog. Saat ini sedang belajar di Institut Pengangguran Sementara Indonesia. Bercita-cita menjadi seorang Pengangguran Profesional. #LOL

Dapatkan Update Artikel Terbaru melalui Email!

0 komentar

Ada yang ingin disampaikan terkait dengan artikel ini?

 
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Redesigned by Simon Child Blog © 2012-2014
Posts RSSComments RSS
AboutContactPrivacy Policy