Unduh Arsip Lengkap Twitter Anda

Situs jejaring sosial kini telah menjadi salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita terutama untuk kalangan muda. Contohnya situs microblogging Twitter, kita sering menggunakannya untuk 'berkicau' tentang banyak hal. Entah itu tweet seputar aktifitas keseharian, membicarakan topik yang sedang ramai diperbincangkan, atau sekedar tweet galau dan hal-hal lainnya yang anda kirimkan ke Twitter.

Anggap saja seperti diary, semua tweet ini akan tetap tersimpan dan dapat dilihat dari berapa banyak tweet yang telah dikirim. Nah, sekarang kita sudah dapat mengunduh semua tweet tersebut untuk dibaca lagi. :D Caranya mudah, login ke akun Twitter anda, kemudian masuk ke menu pengaturan. Jika anda menggunakan bahasa Indonesia, lihat contoh bagian atas, dibagian bawah adalah contoh untuk yang menggunakan bahasa Inggris.

 

Klik "Minta arsip Anda", kemudian akan muncul notifikasi bahwa sebuah pesan berupa link tautan telah dikirimkan ke email anda. Login ke akun email dan buka email yang telah dikirimkan. Jika email tersebut belum muncul, tunggu beberapa saat kemudian refresh halaman email webnya.

Klik "Kunjungi sekarang" atau klik melalui link yang tersedia dibawahnya, selanjutnya anda akan diarahkan ke tab baru untuk mengunduh arsip yang berisi tweet lengkap anda dari pertama anda mengirimkan tweet. Setelah diunduh, ekstrak file tweets.zip.

Ada 2 pilihan untuk membaca tweet, yaitu melalui file index.html yang dapat dibuka dengan browser, atau melalui file tweets.csv yang dapat dibuka melalui Microsoft Excel atau sejenisnya.

Kalau admin sendiri lebih suka dengan antarmuka dari file index.html seperti di bawah ini.


Pada tab bagian kanan, terdapat pilihan tahun dan bulan serta statistik dari jumlah tweet kita tiap bulannya. Tab bagian kiri memberikan detail setiap tweet untuk dibaca.

Oke, selamat bernostalgia kembali membaca tweet-tweet lama anda. Dijamin seru ! XD

Simon Child Sr.

Pemilik dan pengelola Simon Child Blog. Saat ini sedang belajar di Institut Pengangguran Sementara Indonesia. Bercita-cita menjadi seorang Pengangguran Profesional. #LOL

Dapatkan Update Artikel Terbaru melalui Email!

0 komentar

Ada yang ingin disampaikan terkait dengan artikel ini?

 
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Redesigned by Simon Child Blog © 2012-2014
Posts RSSComments RSS
AboutContactPrivacy Policy