Alternatif Windows Explorer Dengan Tampilan Metro Style

Hadirnya Windows 8 dengan tampilan Metro, memang di desain untuk pengguna layar sentuh. Namun sayangnya desain Metro yang terasa pas, hanya berada pada bagian Metro Apps saja. Selebihnya, semua masih menggunakan User Interface yang bisa di bilang sama dengan OS sebelumnya Windows 7, dimana tampilannya menurut saya tidak teroptimasi untuk layar sentuh.

Seperti contohnya Windows Explorer pada Windows 8, tampilannya sama sekali tidak menggunakan Metro Style. UI yang sama dengan teks serta gambar yang kecil, membuat pengguna layar sentuh kemungkinan masih akan merasa kesulitan dalam menggunakan Windows Explorer pada windows 8.

Inilah alasannya diperlukan sebuah alternatif file Explorer yang telah di desain sama dengan Metro Style. Meskipun hal tersebut nampaknya tidak di hadirkan oleh Microsoft, sebuah developer program telah menghadirkan file explorer dengan Metro Style yang di sebut Immersive Explorer.

Immersive Explorer didesain sebagai alternatif untuk file explorer Windows. Seluruh tampilan dari aplikasi ini telah mengadopsi tampilan dari Metro Style.

alternatif explorer, explorer style metro, explorer tampilan metro

Alternatif Explorer yang satu ini terbilang cukup unik. Selain dari tampilannya yang sudah didesain sama dengan tampilan Metro, Immersive Explorer juga memiliki cara yang berbeda dalam memperlihatkan preview gambar yang berada dalam folder.

alternatif explorer, explorer style metro, preview metro explorer

Berbeda dengan Windows Explorer yang hanya menampilkan icon foldernya, Immersive Explorer justru menampilkan preview gambar dengan menganimasikan semua gambar yang ada di dalam folder melalui icon foldernya.

alternatif explorer, explorer style metro, explorer tampilan metro

Begitu juga saat akan membuka file musik, cukup dengan sekali klik pada lagu yang di pilih, kita bisa langsung mendengarkan preview lagunya. Tombol navigasi musik juga telah di tambahkan pada bagian kanan bawah explorer ini.

Explorer ini tampak menjanjikan untuk pengguna Windows yang ingin mencoba UI baru dengan format yang berbeda. Tapi sayangnya, program ini kelihatannya masih kurang sempurna. Aplikasi ini masih lebih cocok disebut sebagai aplikasi file browser dan viewer ketimbang file explorer. Saya sudah mencoba aplikasi ini, namun saya tidak melihat adanya fitur copy-paste, dan juga tidak bisa melakukan juga drap and drop file.

Namun beberapa fitur sederhana lainnya menurut saya sudah cukup menarik untuk aplikasi ini. :D
Tertarik mencoba? Silahkan kunjungi situs resminya untuk mendownload aplikasinya. Aplikasinya tidak memerlukan penginstalan sama sekal dan tidak merubah pengaturan sistem. :)

Download Immersive Explorer

Simon Child Sr.

Pemilik dan pengelola Simon Child Blog. Saat ini sedang belajar di Institut Pengangguran Sementara Indonesia. Bercita-cita menjadi seorang Pengangguran Profesional. #LOL

Dapatkan Update Artikel Terbaru melalui Email!

1 komentar

  1. Muhammad NurrahmanOktober 23, 2013 4:35 PM

    thanks gan udah ane coba, ada kok fitur copasnya..

    BalasHapus

Ada yang ingin disampaikan terkait dengan artikel ini?

 
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Redesigned by Simon Child Blog © 2012-2014
Posts RSSComments RSS
AboutContactPrivacy Policy