Tips melindungi komputer dari serangan virus (Windows 7)

Kamu pengguna sistem operasi Windows 7? Teman teman pasti pernah atau mungkin juga sering mengalami masalah komputer yang terserang virus kan? Windows 7 saat ini bisa dibilang merupakan salah satu sistem operasi yang cukup terkenal setelah Windows XP.

Karena itu, banyak hacker dan para pembuat virus atau semacamnya itu, yang memilih kedua sistem operasi ini sebagai target utama serangan virus mereka (menurut saya sih begitu).
Nah, disini saya akan memberikan beberapa tips yang mungkin bisa berguna untuk teman teman sekalian pengguna Windows 7 (entah asli atau BM :p), untuk melindungi komputer kamu dari serangan virus.
  1. Gunakan Antivirus
    Antivirus merupakan salah satu software yang cukup penting untuk melindungi seluruh sistem komputer dari serangan virus atau malware yang masuk ke komputer kita. Saya sarankan, gunakan Antivirus buatan luar negeri seperti AVG, ESET Antivirus, Norton, Avira, dan beberapa antivirus lainnya yang juga sudah cukup terkenal.
    Jangan gunakan antivirus local sebagai pelindung utama komputer kamu, karena menurut saya antivirus local masih kurang mampu menangkal virus untuk tidak menginfeksi sistem dan data komputer. (bukannya saya mengejek atau menjelek jelekan produk local, tapi ini adalah hasil yang saya temukan saat menggunakan antivirus local sebagai antivirus utama komputer saya, dan komputer saya ternyata masih saja bisa terinfeksi.)

  2. Rajin melakukan ‘update’ terhadap antivirus yang dipakai
    Berikutnya adalah update. Update juga sangat diperlukan untuk menunjang antivirus agar bisa melindungi komputermu dari varian varian virus baru. Dengan rajin melakukan update, antivirusmu akan tetap ‘terbarukan’ dan bisa menjaga seluruh sistem komputermu dengan lebih optimal.

  3. Matikan fungsi Autoplay windows
    Autoplay ini berfungsi untuk menjalankan drive secara otomatis saat dihubungkan ke komputer. Masalahnya, banyak virus yang memanfaatkan celah ini sebagai cara untuk masuk ke sistem komputer secara otomatis, sehingga untuk lebih meminimalisir masuknya virus ke komputer, kita juga perlu mematikan fungsi Autoplay ini.
    - Masuk ke start menu, ketikkan "autoplay" di pencarian terus tekan enter.
    - Setelah masuk, hilangkan tanda centang seperti pada gambar dibawah ini, lalu save.


  4. Aktifkan User Account Control (UAC)
    Satu lagi sistem keamanan yang dibuat Microsoft yaitu User Account Control. Dengan menggunakan fitur ini, kita bisa lebih mengontrol setiap software yang akan dijalankan, baik itu secara otomatis maupun manual.
    - Masuk ke start menu, ketikkan "uac" di pencarian dan kemudian enter.
    - Muncullah jendela seperti dibawah ini.


    - Pilih bagian "always notify" untuk selalu menerima notifikasi apabila ada aplikasi yang akan melakukan perubahan terhadap sistem.
    - Tekan "OK" lalu kemudian pilih "Yes" saat muncul notifikasi perubahan.
    -Terakhir restart komputermu.
 Oke, saya rasa cukup ini saja beberapa tips yang bisa saya berikan kepada teman teman sekalian. Semoga bermanfaat. :D

Jika ada hal yang kurang dipahami dari hal hal diatas silahkan komentar yah! :)

Simon Child Sr.

Pemilik dan pengelola Simon Child Blog. Saat ini sedang belajar di Institut Pengangguran Sementara Indonesia. Bercita-cita menjadi seorang Pengangguran Profesional. #LOL

Dapatkan Update Artikel Terbaru melalui Email!

0 komentar

Ada yang ingin disampaikan terkait dengan artikel ini?

 
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Redesigned by Simon Child Blog © 2012-2014
Posts RSSComments RSS
AboutContactPrivacy Policy