Singkatan dan istilah di Twitter

Beberapa waktu belakangan ini, jejaring sosial yang satu ini nampaknya mulai 'mewabah' di kalangan teman teman saya (termasuk saya :D). Padahal sebelumnya, jejaring sosial yang satu ini sepertinya kurang diminati karena lebih didominasi oleh situs jejaring sosial Facebook.

Bagi teman teman yang baru membuat dan memiliki akun Twitter, biasanya masih akan bingung, terutama jika menemukan singkatan singkatan seperti RT maupun DM yang tidak begitu familiar karena belum terbiasa menggunakan Twitter.



Berikut adalah beberapa singkatan dan istilah penting yang harus kamu ketahui.

Tweet = Istilah lain dalam menyebut update status di Twitter (seperti status Facebook). Orang yang memiliki akun Twitter biasanya disebut dengan Tweeple maupun Tweeps.

RT (Retweet) = Meng'tweet ulang / meneruskan tweet orang lain yang menurutmu tweet'nya bagus dan perlu dibaca juga oleh follower (pengikut). Untuk melakukan RT caranya cukup mengklik tombol Retweet dibagian atas setiap tweet.

PRT (Please Retweet) = Bukan "pembantu Rumah Tangga" loh, hahaha. Singkatan ini artinya "Tolong tweet ulang". Maksudnya adalah seseorang yang membuat tweet meminta follower'nya agar tweet'nya di Retweet.

DM (Direct Message) = Pesan Langsung atau bisa juga private message.

@[username] = Biasa dipakai jika ingin membalas atau menulis pesan kepada seseorang (wajib digunakan) ; Contohnya @SSChild23 (spasi) tweet / isi pesanmu.

Mention = Setiap tweet yang menyebutkan seseorang dengan menggunakan username mereka, untuk melihat mention dapat dilihat di tab @Hubungkan yang ada di bagian atas halaman Twitter.

TL (Timeline) = adalah jalur waktu yang berisi kumpulan tweet dari orang yang kamu ikuti (Following).

Following = Orang yang kamu ikuti, setiap mereka 'update status' Twitter secara otomatis akan masuk dibagian timeline. Orang yang bisa kamu lihat tweet'nya, belum tentu juga bisa membaca update tweet'mu kecuali mereka juga sudah mem'follow akunmu.

Follower = Orang yang mengikuti akun kamu, follower ini dapat membaca update tweet kamu.

Follback (Follow Back) = Kata ini sebenarnya tidak resmi, karena biasa ada yang hanya menyebut dengan folbek, folback, atau yang mirip mirip seperti itu. Follback biasanya permintaan yang dicantumkan seseorang yang misalnya telah mem'follow'mu dan meminta agar segera di follow balik.

Unfollow = Membatalkan mengikuti, untuk melakukannya cukup klik tanda unfollow di halaman profil orang tersebut.

Sebenarnya mungkin masih ada banyak lagi istilah maupun singkatan yang digunakan di Twitter. Tapi kurang lebih hal hal di atas saja yang paling penting alias utama! xD. Kalau mungkin ada yang bisa menambahkan, silahkan dikomentar ya :D

Simon Child Sr.

Pemilik dan pengelola Simon Child Blog. Saat ini sedang belajar di Institut Pengangguran Sementara Indonesia. Bercita-cita menjadi seorang Pengangguran Profesional. #LOL

Dapatkan Update Artikel Terbaru melalui Email!

0 komentar

Ada yang ingin disampaikan terkait dengan artikel ini?

 
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Redesigned by Simon Child Blog © 2012-2014
Posts RSSComments RSS
AboutContactPrivacy Policy