Gunakan Google Drive Sebagai Media Penyimpan Script Dan Source Code

Ada banyak lokasi di internet yang menyediakan tempat secara gratis maupun berbayar untuk meletakkan dan menyimpan source code web/blog kita. Salah satu yang paling populer atau paling familiar untuk kalangan blogger mungkin adalah Google Code. Google Code memang cukup populer digunakan untuk menyimpan file script, entah itu javascript, css, php, ataupun yang lainnya. Tapi sayangnya meski populer, admin pribadi justru tidak mengerti cara penggunaan maupun cara mengupload file di Google Code. -_-

Mencari alternatif, admin mencoba menggunakan Google Drive sebagai media penyimpanan yang baru. Berikut tutorial yang admin rangkum melalui beberapa media dan forum yang ada di internet.

Langkah pertama, kamu perlu memiliki akun Google. (ya iyalah) Setidaknya memiliki email Google, Gmail. selanjutnya, buka link berikut.


Login dulu, (jika belum) kemudian anda akan diarahkan menuju halaman Google Drive. Disini, bagian upload file tentu tidak menjadi hal yang rumit bukan? hehe :D

google drive, upload file

Di atas adalah contoh halaman Google Drive milik admin. Oh iya, jangan lupa, kamu mungkin ingin membuat folder juga agar file uploadnya nanti lebih tertata rapi. Ikuti seperti gambar di bawah. Untuk contoh ini, admin menggunakan gambar sebagai bahan upload.

cara upload file, upload data google drive

Setelah selesai, menuju ke langkah selanjutnya. Klik kanan pada file yang telah di upload, pilih Bagikan.

share file google drive, bagikan file google drive

Sehingga akan muncul jendela seperti gambar di bawah ini. Salin tautan ke notepad (atau yang lainnya) kemudian ubah akses file menjadi publik.

share file google drive ke publik

Jika sudah, klik selesai. Nah, sekarang berlanjut menuju tahap berikutnya menggunakan link tautan yang telah kamu salin sebelumnya.

Ubah link kamu yang awalnya seperti ini,
https://docs.google.com/file/d/0B3txEdJfTUwMUGNpVmdhQ2hDSms/edit?usp=sharing

menjadi seperti ini.
https://googledrive.com/host/0B3txEdJfTUwMUGNpVmdhQ2hDSms/
Link inilah yang selanjutnya akan kita pakai.


Cara menggunakan link:
Cara menggunakannya sama dengan menyelipkan link/URL source file/script biasa. Untuk contoh file gambar yang admin gunakan, link source gambar yang telah admin upload tadi admin gunakan seperti ini.

img src="https://googledrive.com/host/0B3txEdJfTUwMUGNpVmdhQ2hDSms/"


Yang membedakan disini hanya link sourcenya. Jika biasanya URL source dari host file akan menampilkan akhiran seperti *js, *html, atau *jpg, dan semacamnya, menggunakan Google Drive link yang kita gunakan lebih seperti terenkripsi, namun tetap dapat berfungsi seperti biasa.

Oke, semoga saja tulisan ini bisa membantu, kalau ada yang kurang dipahami, silahkan tinggalkan komentarnya di bawah. :)

Simon Child Sr.

Pemilik dan pengelola Simon Child Blog. Saat ini sedang belajar di Institut Pengangguran Sementara Indonesia. Bercita-cita menjadi seorang Pengangguran Profesional. #LOL

Dapatkan Update Artikel Terbaru melalui Email!

0 komentar

Ada yang ingin disampaikan terkait dengan artikel ini?

 
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Redesigned by Simon Child Blog © 2012-2014
Posts RSSComments RSS
AboutContactPrivacy Policy