Cara Memperbaiki Tingkat Volume Musik Mp3

Pernahkan kamu mengalami masalah seperti berikut ini? Suatu hari kamu mengunduh lagu Mp3 dari internet (random), tapi kamu menyadari bahwa saat lagunya diputar, volume suara yang dikeluarkan lagu tersebut lebih rendah dari rata-rata lagu Mp3 lain yang kamu punya? Nah, sebenarnya ada banyak cara untuk mengatasi problem seperti ini, bisa dengan mengunduh ulang lagu Mp3nya dari source yang berbeda, atau memperbesar volume di komputer agar volumenya jadi terdengar pas di telinga. xD

Upps, hanya bercanda :p Admin juga sempat mengalami masalah ini, kemudian mulailah penjelajahan di internet. Sampai di beberapa forum, ada yang menyebutkan problem ini bisa di atasi dengan menggunakan Audacity. Tapi karena merasa kurang puas, ( lagi malas download Audacity) admin cari lagi cara yang mungkin bisa lebih simpel dan cepat. Akhirnya admin menemukan software yang satu ini.

naikkan volume mp3, tambah volume lagu, tingkatkan volume musik, tentang mp3gain

MP3Gain. Software ini merupakan salah satu solusi mudah dan cepat untuk kamu yang ingin memperbaiki volume lagu Mp3 kalian. Admin akan menjelaskan sedikit tentang fungsi dan cara pemakaiannya.

Mengutip dari informasi detail softwarenya, program ini berkerja dengan cara melakukan analisis statistik (statistical analysis) untuk menentukan seberapa keras sebenarnya file Mp3 yang ada dapat didengar telinga kita. Program ini sama sekali tidak melakukan normalisasi (normalization) suara seperti yang kebanyakan di lakukan software lain. Selain itu, MP3Gain juga tidak merubah kualitas suara musik sama sekali.

Untuk memulai penggunaan aplikasi ini, kita dapat memasukkan file, atau bahkan folder yang terdiri dari beberapa file Mp3 sekaligus. Selanjutnya, klik "Track Analysis" untuk mulai menganalisa file yang kamu masukkan tadi. Target "Normal" Volume dari MP3Gain adalah, 89 dB (decibel), jika daftar file Mp3 kamu memperlihatkan bahwa volumenya di bawah itu, berarti kamu perlu menaikkannya agar volume suara filenya menjadi normal. Klik "Track Gain" untuk menyelaraskan volumenya.

Tapi jika setelah ditambahkan volume dan di tes suaranya masih terdengar "dibawah normal", kamu bisa mengubah Target "Normal" Volume sesuai keinginanmu, admin  sempat mencoba untuk mengubahnya jadi sekitar 90-100 dB. Yang penting saat di tes, suara yang keluar terdengar sama keras dengan lagu-lagu Mp3 lainnya.

Mengikuti namanya, MP3Gain hanya mendukung file MP3 dan M3U. Dari yang admin lihat, disini hanya ada versi untuk Windows. Tidak ada detail compatible software ini, tapi sudah admin tes melalui Windows 7, jadi admin rasa aplikasi ini juga dapat digunakan untuk versi dibawah Windows 7.

Oke, semoga berguna ya. :)

Simon Child Sr.

Pemilik dan pengelola Simon Child Blog. Saat ini sedang belajar di Institut Pengangguran Sementara Indonesia. Bercita-cita menjadi seorang Pengangguran Profesional. #LOL

Dapatkan Update Artikel Terbaru melalui Email!

0 komentar

Ada yang ingin disampaikan terkait dengan artikel ini?

 
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Redesigned by Simon Child Blog © 2012-2014
Posts RSSComments RSS
AboutContactPrivacy Policy